--> Skip to main content

Apa Sebenarnya Batu Akik Itu, Kupas Tuntas Batu Akik

akikkeladen.blogspot.com - Edukasi Batu Akik

Macam - Macam Batu Akik Nusantara
Merujuk pada referensi tentang batu mulia di wikipedia.org, batu akik merupakan salah satu jenis batu mulia. Sedangkan batu permata itu sendiri adalah adalah sebuah mineral, batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor. Dipasaran banyak sekali variasi kualitas dan nilai dari sebuah Batu Permata/Akik. Harga Jual dan Nilai sebuah akik dipengaruhi oleh banyak hal.
Batu permata sebenarnya adalah sebuah mineral atau batu yang dibentuk dari hasil proses geologi yang unsurnya terdiri atas satu atau beberapa komponen kimia yang mempunyai harga jual tinggi, dan diminati oleh para kolektor. Sebelum dijadikan perhiasan, batu permata harus dipoles terlebih dahulu.
Untuk memoles dan mengolah bongkahan Batu menjadi Batu akik diperlukan beberapa alat dan keahlian. Hal ini bertujuan untuk menghasilkan Batu akik yang memiliki nilai seni tinggi. Lihat video cara pembuatan akik di pacitan untuk menghasilkan akik dengan kualitas terbaik
Video Pengolahan Batu Akik Menjadi Batu Akik yang Berkualitas

Jika sudah mengetahui cara membuat akik, selanjutnya adalah mengenali lokasi sumber bahan/rough batu akik ini. Di dunia ini tidak semua tempat mengandung batu permata. Di Indonesia hanya beberapa tempat yang mengandung batu permata antara lain di provinsi Banten dengan Kalimayanya, di Lampung dengan batu jenis-jenis anggur yang menawan dan jenis cempaka,di Pulau Kalimantan dengan Kecubungnya (amethys) dan Intan (berlian) serta Kabupaten Pacitan yang terkenal dengan kualitas Chalcedony nya.

Batu permata mempunyai nama dari mulai huruf a sampai huruf z yang diklasifikasikan menurut kekerasannya yang dikenal dengan Skala Mohs dari 1 sampai 10. Permata yang paling diminati di dunia adalah yang berkristal yang selain jenis batu mulia seperti Berlian, Zamrud, Ruby dan Safir, batu-batu akik jenis anggur seperti Biru Langit, bungur atau kecubung yang berasal dari Tanjung Bintang, Lampung saat ini banyak di buru oleh para kolektor karena kualitas kristalnya.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar